Rabu, 30 Mei 2012

Mei Setahun Yang Lalu

Ceritanya ini terjadi di bulan Mei tgl 19 tahun lalu saat itu aku sudah harus masuk kerja lagi, 2 bulan masa cuti bersalin udah habis dan sudah mempersiapkan hati (meskipun 80% siap 20% blm) untuk ke kembali ke Padang nan Gadang mulai baru lagi dari NOL

Awal penempatan 2009 yang lalu (masih pengantin baru) pergi diantar suami berangkat dengan modal bissmillah dan bekal koper isi baju tok saat itu padang pasca 1 bulan gempa dan agak sukar mencari kost2an untuk keluarga lah orang padang sendiri masih banyak yang tidur di luar karena rumahnya hancur akibat gempa allhamdullilah setelah sampe dengan selamat di padang menginap 1 hari di hotel melati yang tarifnya bintang 5 lagi2 karena pasca gempa hotel penuh relawan dapat tempat kost yang cuma ditempati 1 malam dan sudah dibayar separuh tapi sayang karena kondisinya tidak nyaman airnya susah dan ternyata yang punya rumah tidur di depan rumah memang lokasinya di pinggir laut banget kantorku juga di "taplau" (Tapi Lauik) akhirnya kami pindah lagi ke rumah salah satu pegawai yang memang agak jauh dari kantor jauhh banget malahan, aku harus pergi dari rumah jam 6.30 pagi kalo ga mau terlambat absen 7.30 rumah bu Ani, tempatnya sangat nyaman air lancar dan bersih, tahun 2009 dimulailah petualangan sebagai perantau dan selama hampir setahun aku kerja di Padang nan gadang suami pulang lagi ke Palembang kerjaan di kantornya sudah lama di tinggal.

Waktu aku berangkat ke Padang cuma bawa hayat dikandung badan saja ditemani suami sudah repot mulai dari cari tempat tinggal sampe mengisi perlengkapan rumah dan penyesuaian tempat baru dan sekarang dengan membawa baby usia 2 bulan kembali ke padang dengan modal NOL lagi tanpa sanak keluarga di sana karena setelah aku ditugaskan di Jambi aku ga ngekost lagi di Padang

Belum lagi sampai di ke Padang dapat berita harus ikut in house training ke Jakarta selama seminggu gilingan banget baru masuk kerja habis melahirkan yang mana itu bukan pula di daerah sendiri, masa baru sampe ke Padang hari jumat tgl 19 dah harus ke Jakarta hari senin tanggal 23 bagaimana iniii?? ayo berpikir lagi gimana cara ngakalin supaya enak meskipun dari sudut mana saja aku berpikir mentok semua (memang di hati ga mau pergi dari Palembang) ga mungkin Alika ditinggal di Palembang terus aku ke Jakarta selama seminggu gmana asi-nya? habis IHT dah harus ngantor pulak lagi di Padang atau ke Padang dulu terus ke Jakarta? ?alangkah capenya sudahlah to make it short story Alika ke Jakarta dulu terus cuti lg untuk persiapan berangkek ke Padang. Jujur saat itu bawaan mau nangis terus kok ya aku ga bisa kek orang lain yang menunggu saat berakhir cuti bersalin dengan tenang tanpa harus dibebani pikiran abis cuti ini aku kemana yaa?? ke Jambi ato ke Padang? kalo ke Jambi sih lagi masih mending kontrakan aku di Jambi masih ada dan sudah tinggal masuk saja dan lebih dekat dari Palembang 6 jam perjalanan darat tapi kalo ke Padang ihik blank otakku jauh boo 18 jam perjalanan darat naek travel berangkat jam 3 sore kalo ga ada halangan sampe di Padang besok paginya jam 7 naek pesawat transit dulu di Jakarta dan jangan bayangkan sampe di Padang ada yang membantu disana jemput dan sudah ada tempat tujuan masih harus cari-cari kost ato rumah lagi, meskipun aku tetap yakin Allah pasti akan selalu melindungi dan menjaga aku dan anakku dan bersyukur di saat-saat yang sulit itu ada ibu yang selalu menyabarkan aku dan terus berdoa semogaaaa permohonanku pindah ikut suami ke Palembang cepat disetujui sebelum cutiku habis, sudah setahun permohonanku diterima lengkap di kantor pusat belum keluar juga SK-nya.

Maka dimulailah perjalanan jauh Alika yg pertama di 2 bulan pas umurnya..
daaan masalah lain timbul siapa yang akan menemani aku?? minta tolong ke ibu, beliau sangat ingin tapi sayang waktu itu jadwal kuliah ibuku baru dimulai salut deh semangat belajar Kakek Nenek Alika ga ada matinya mereka berdua sedang ambil S3, ibu di UNDIP dan ayah di UNSRI *standart yang sungguh bikin keder anak-anaknya hehe* pergi sama suami ga bisa juga saat itu akhir bulan banyak laporan yang harus disetor, pengasuh belum punya kalopun ada mana berani aku ninggalin Alika dengan orang yang aku kenal cuma beberapa hari. siapa yg bisa diandalkan dan dipercaya nemenin alika di kamar hotel selama aku IHT? maka muncullah sebuah nama yg memang sebenernya itulah nama pertama yg terlintas sejak dapat berita harus ke Jakarta my beloved aunty TANTE MISNA dan Alika ada di tangan yang tepat...tapiiii ternyata di kantornya akan dimulai lelang dan pegawai sudah harus siap2 jd panitia ihiks bagaimana ini??? klo tante mes sendiri amat sangat tidak berkeberatan nemanin aku dan Alika di jakarta tapi bagaimana klo senin itu dimulai lelangnya haduh nangis2 akyu, mau ajak suami jujur aku pun kurang yakin apa bisa yaa suamiku itu?? lah gedong Alika aja dia takut apalagi bakal ditinggal dari jam 8 pagi sampe jam 5 sore berdua saja dengan Alika di kamar hotel meskipun dia menyanggupi untuk menemani

Jadi setelah tanteku telpon sana sini dengan teman kantornya cari info lelang dimulai tanggal berapa pastintya dan disertai dengan tangis bombay dariku akhirnya tante bersedia menemani alhamdullilahh..legaa!!!!!!!1

Baiklah langkah pertama cari tiket pesawat untuk 3 orang Aku, tante dan Alika lewat online sajah lebih gampang tinggal klik beres (check), reservasi hotel cari yang paling dekat dengan kantor dan didapatlah hotel Kartika Candra itu menurut teman2ku yang paling dekat baiklah reservasi via telpon (check), siapkan pakaian "ngantor" untuk Alika dan aku, pakaian jalan2 dan pakaian tidur (check) beress.

Pas hari berangkat baru inge lupa buat surat keterangan dari dokter untuk Alika dan pas mau berangkat pula ingetnya, akhirnya pergi sama suami klo ke rs takut ga keburu pesawat berangkat jam 2 baru inget belum ada surat keterangan dokter jam 10 cari dokter praktek rata2 buka sore akhirnya pergi ke puskemas dan dari 1 puskesmas ke puskesmas yang lain dokternya g mau kasih surat keterangan katanya min umur 3 bulan baru boleh perjalanan pesawat malah ada dokter yg menyarankan tinggal saja toh bisa diganti asi dg sufor..dokterrr!!! kok kejam sih seharusnya dokter kan pro-asi tapi niatku tetap keukuh mau kasih asix unt alika dan ini seminggu dok IHT-nya klo terus asi-ku kering gimana?? huh bikin betee sudahlah surat keterangan ga ada gpp tinggal gmana nanti di air port.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

I'm pleased to read all your comment
please leave if it even just a simple "hi"